0


Assalamu`alaykum, Kali ini saya akan sedikit memberikan tips bagi Anda yang ingin membuka usaha kuliner. Sudah banyak yang mengatakan jika usaha kuliner sangat dan masih memiliki peluang besar khususnya di Negara ini.

Hal tersebut didasarkan pada kuliner atau makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia dan Indonesia memiliki banyak sekali bahan-bahan makanan dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke yang terkenal kekhasannya.

Meskipun memiliki peluang yang besar, usaha kuliner ini tetap harus disiapkan secara mata dan terstruktur. Karena makanan sangat erat hubungannya dengan kesehatan sehingga harus perlu standart khusus dalam penyajian maupun lainnya. Dengan demikian, usaha kuliner dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan SOP yang telah dibuat.

Bisnis Kuliner itu sangat luas, Anda bisa memilih untuk berjualan makanan ringan, makanan berat, atau minuman. Dan bentuknya pun bisa berupa restoran, warung makan, cafe, dll. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda jadikan referensi tambahan disaat Anda ingin membuka usaha kuliner.

1. Menu Makanan

Tentu yang pertama kali harus Anda pikirkan adalah Menu makanan apa yang akan Anda jual. Tipsnya Anda bisa membuat menu yang unik dan memiliki rasa yang berbeda namun tetap enak dilidah. Dengan begitu, menu ini nanti dapat Anda jadikan salah satu alat promosi bisnis kuliner Anda. Salah satu restoran yang memiliki menu unik adalah Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja. Di restoran ini memiliki menu yang unik yaitu MALON (Manuk Londo) yang menjadi salah satu Andalah di restoran ini.

2. Konsep Penyajian

Setelah Anda menentukan menu yang ingin Anda buat untuk bisnis kuliner Anda, selanjutnya Anda bisa memikirkan konsep penyajiannya nanti. Ingat, orang akan tergugah selera makannya selain dari menu dan rasanya yang enak juga konsep penyajiannya yang membuat nafsu makan bertambah. Salah satu contoh usaha kuliner yang memiliki konsep penyajian unik adalah Mie Ayam Hot Plate. Ya, mie ayam ini disajikan dalam Hot Plate layaknya Steak. Unik dan menarik, tentu banyak yang tertarik untuk mencicipinya.

3. Konsep Tempat

Jika Anda memiliki budget yang lebih untuk membangun usaha kuliner Anda, sebaiknya konsep tempat juga perlu diselaraskan dengan konsep makanan. Sehingga orang yang berkunjung akan nyaman dan betah di tempat makan Anda. Ini juga akan menjadikan value lebih terhadap usaha kuliner Anda.

4. Harga Sesuai

Dalam mematok harga, pastikan memang sangat wajar dan sesuai dengan kualitas dan kuantitas produk makanan Anda. Sehingga konsumen Anda tidak akan kecewa masalah harga.

5. Pelayanan

Berikan pelayanan yang maksimal untuk pengunjung restoran Anda. Selalu berikan senyum yang ramah serta pelayanan yang cepat. Terlebih masalah waktu penyajian makanan. Jika lama maka akan membuat konsumen Anda kecewa. Nah, salah satu agar pelayanan makanan ini cepat, Anda dapat membuat sebuah SOP yang jelas dan terstruktur. Agar nantinya dapat dijalankan tanpa menyalahkan berbagai pihak.

6. Jaga Kebersihan

Selalu jaga kebersihan tempat makan Anda. Terlebih meja makan untuk pengunjung. Kebersihan akan membuat pengunjung merasa nyaman dan aman menyantap makanan di restoran Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membuka sebuah usaha kuliner. Tentu tips ini harus Anda sesuaikan dengan kreatifitas, situasi dan kondisi Anda masing-masing agar tercipta sinkronisasi yang baik. Selamat Berbisnis :)

Dikirim pada 25 Oktober 2014 di Tips
Awal « 1 » Akhir


connect with ABATASA